Wednesday, December 4, 2013


Okkeh gan, apa ente punya harddisk atau flashdisk yang formatnya masih menggunakan format FAT32, atau bahkan FAT? Lalu apa ente pengen merubahnya ke NTFS tapi takut harus format total tuh Harddisk coz masih banyaknya data-data penting ente yang takut ke-format juga? Jiaaah, nyantai aja gan. Truz ngapain sih? Pengen pindah ke NTFS segala?
ya mungkin NTFS adalah format yang stabil, gan ,,,,daripada FAT & FAT32 , dalam hal defragmentasi juga, kebanyakan juga format FAT32 nggak bisa nerima banyak data. Kadang juga, kita sering menerima peringatan“Not enough disk space error” padahal masih banyak spasi yang kosong (jiaaaah, sayang banget J), tapi ente mau nggak mau harus mengubah format systemnya. Tapi hati-hati jangan asal rubah format aja. Ente pakek aja Command prompt alias CMD, gampang koq. Nggak sampek kehilangan data ente. Tapi ada juga pastinya, software-software yang bisa. Tapi lebih mudahnya pakek CMD aja, lebih praktis.
Warning : tapi buat jaga-jaga, kalo ente takut salah coba. Ente backup aja tuh data ente..hehehehe (Jaga-jaga braaay J)
# Cara merubah FAT32 ke NTFS. Nih langkah-langkahnya :
1) Buka windows explorer, catet nama drive/flashdisk anda misalkan ( H: )
2) Klik Tombol Start > Run > Ketik “CMD” (tanpa tanda petik)
4) ketikkan "chkdsk H: /f " (tanpa tanda petik) sekali lagi, yang mana H: adalah letter drive yang pengen ente rubah formatnya. Cek disk ini berfungsi untuk melihat error yang terdapat pada drive anda dan otomatis akan membersihkan error tersebut.
5) lalu ketikkan "Convert H: /FS:NTFS" (tanpa tanda petik). yang mana H: adalah letter drive yang pengen ente rubah formatnya .
6) command prompt akan memulai proses konversasi (perubahan format system), lalu akan muncul pesan “conversion was successful” kalo udah selesai..
7) ente bisa ngecek formatnya apa udah berubah apa belum, klik kanan drive anda > lalu Properties.
okey,, okey....semoga bermanfaat..amin

Pengunjung

Popular Post

Powered by Blogger.

Fanspage Kami

- Copyright © TKJ SMK Sunan Drajat -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -