Saturday, December 14, 2013


1.      Sejarah generasi Pentium:
·         Intel 8080, keluar tahun 1972 dengan mesin 8 bit dan bus data ke memori juga 8 bit.
·         Intel 8086, dikenalkan tahun 1974 adalah mikroprosesor 16bit dengan teknologi cache instruksi
·         Intel 80286, dikeluarkan tahun 1982, pengembangan dari 8086, kemampuan pengalamatan mencapai 1MB dengan 133 instruksi.
·         80386, keluaran tahun 1985 dengan mesin 32 bit. Sudah mendukung sistem multitasking.
·         80486, tahun 1989. kemajuannya pada teknologi cache memori dan pipe lining instruksi. Sudah dilengkapi dengan math coprocessor.
·         Pentium, tahun 1993, menggunakan teknologi superscalar sehingga memungkinkan eksekusi secara parallel.
·         Pentium pro, keluaran tahun 1995.
·         Pentium II, keluar sekitar tahun 1997 dengan teknologi MMX sehingga mampu menangani kebutuhn multimedia. Mulai Pentium II telah menggunakan teknologi RISC.
·         Pentium III, terdapat kemampuan instruksi floating point untuk menangani grafis 3D.
·         Pentium IV, kemampuan floating point dan multimedia semakin canggih. Itanium memiliki kemampuan 2 unit floating point, 4 unit integer, 3 unit pencabangan, internet streaming, 128 integer register. Pentium IV mengalami perkembangan seperti Dual core, Core 2 duo, Core 2 Cuad, centrino.
MD Athlon bukan dari generasi atau keluaran Intel.
Jawaban: E
2.      Tingkatan kecepatan putaran piringan hardisk diukur dalam satuan RPM (Rotation per minute/ putaran per menit). Semakin cepat putaran harddisk, maka jumlah data yang dibaca oleh head semakin banyak. Demikian pula sebaliknya.
Jadi, 7200 RPM dalam hard disk adalah kecepatan putaran hard disk 7200 putaran per menit.
Jawaban: A
3.      Port I/O (Input/Output) ada beberapa jenis, yaitu:
1.      Port Paralel (LPT1 atau LPT2)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara parallel. Contoh peralatannya adalah Printer dan Scanner.
2.      Potr Serial (Com 1, Com 2)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah mouse dan modem.
3.      Port AT/PS2
Umumnya digunakan untuk masukan konektor keyboard dan mouse.
4.      Port USB (Universal Serial Bus)
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh camera digital, scanner, printer USB, handycam, dan peralatan tambahan eksternal.
5.      Port VGA
Port yang berhubungan langsung dengan layar. Port ini terdapat pada motherboard yang menggunakan chipset VGA on board atau menggunakan VGA card yang diletakkan pada slot AGP.
6.      Port Audio
Port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio, misalnya tape, radio, speaker, atau mikrofon.
7.      Port LAN
Port yang dihubungkan dengan kabel LAN/ jaringan yang menggunakan kabel konektor jenis RJ45.
Untuk gambar port nomor 1 dan 2 adalah port AT/PS2.
Jawaban: C
4.      VGA Card adalah sebuah peripheral slot ekspansi yang ditancapkan ke motherboard. Fungsi VGA sendiri adalah memproses gambar dan Video.
Jawaban: B
5.      Beberapa merek hard disk yang banyak digunakan, antara lain Western Digital (WDC), Quantum, Seagate, Maxtor, Samsung, IBM, Toshiba dan Hitachi.
Data track bukan merek hard disk.
Jawaban: D
6.      ROM (Read-Only-Memory a.k.a firmware) adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bias dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Di dalam PC, ROM biasa disebut BIOS (Basic Input/Outpun Sistem) atau ROM-BIOS. Instruksi dalam BIOS inilah yang akan dijalankan oleh mikroprosesor ketika mulai dihidupkan.
Jawaban: B
7.      Hz adalah satuan Internasional untuk mengukur satu putaran per detik yang biasanya dipakai untuk mengukur panjang gelombang radio. Di PC, Hz ini dijadikan ukuran clock speed (clock rate), yaitu kecepatan prosesor untuk melakuka operasi kalkulasi biner untuk melakukan perintah-perintah yang menjadi dasar bekerjanya komputer.
Jawaban: A
8.      Power Supply adalah peralatan yang berfungsi untuk mengubah tegangan AC menjadi DC dan penyuplaian ke komponen-komponen hardware pada motherboard yang membutuhkan arus dan tegangan. Power Supply terdiri atas beberapa jenis atau model, yaitu power supply dengan jenis AT dan ATX, power supply dengan mode ATX (Advanced Technology Extended) dilengkapi dengan power switch yang bisa disebut dengan auto shutdown.
Jawaban: D
9.      Untuk dapat mensetting BIOS kita mulai dengan menekan tombol keyboard untuk masuk ke BIOS. Dalam hal ini masing-masing mainboard berlainan tapi pada umumnya tombol yang ditekan tombol delete, F1, F2.
Jawaban: E
10.  Device driver adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu pada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Sebagian besar, perangkat keras tidak akan dapat berjalan atau sama sekali tidak dapat berjalan tanpa driver yang cocok yang terinstall di dalam sistem operasi. Begitu pula dengan perangkat keras VGA, tidak akan maksimal kalau tidak diinstall driver yang cocok dengan jenis VGA yang terpasang.
Jawaban: C
11.  Norton adalah salah satu software antivirus dan bukan merupakan software sistem operasi jaringan.
Jawaban: A
12.  Pada windows NT server hanya mendukung sistem file FAT 16 dan NTFS sedangkan windows server 2000 mendukung sistem file FAT 16, FAT 32, dan NTFS, dengan begitu windows server 2000 mempunyai kelebihan dengan didukung oleh file sistem FAT 32.
Jawaban: B
13.  Device Driver adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa inggris yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras. Berguna untuk kinerja komponen peripheral dengan baik, dan setiap driver harus diinstall setelah pemasangan peripheral tersebut.
Jawaban: C
14.  Pinset yang terdiri atas berbagai fungsi dan kegunaan. Mulai dari fungsi standar menjepit, menjepit komponen kecil, menjepit dengan keras hingga menjepit komponen di lokasi yang sulit dijangkau. Salah satunya jumper selain komponen tersebut kecil, biasanya ada di tempat yang sempit maka diperlukan pinset untuk mengambilnya.
Jawaban: B
15.  Gangguan gambar yang tampil pada monitor banyak kemungkinan penyebabnya, diantaranya monitor bermasalah, setting driver monitor, hubungan antara VGA card dan monitor bermasalah, VGA card bermasalah.
Jawaban: A
16.  Gangguan memori pada komputer dan menjadi kinerja memori tersebut tidak maksimal, kemungkinan diagnosa dilakukan dengan banyak kemungkinan, di antaranya memori kotor, memori rusak, atau karena slot tempat memori rusak. Cara mengatasinya bisa dengan membersihkan kaki-kaki memori, dan dengan mencoba memindahkan memori ke slot yang lain.
Jawaban: B
17.  Kartu jaringan (Inggris: netwotk interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
Jawaban: E
18.  Hub alat penghubunga antarkomputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. Hub digunakan oleh sebuah bentuk jaringan yang sederhana (misalnya hanya untuk menyambungkan beberapa komputer dari satiu group IP local) ketika ada satu paket yang masuk ke satu port di hub, maka akan tersalin ke port yang lainnya di hub yang sama dan semua komputer yang tersambung di hub yang sama dapat membaca paket tersebut.
Jawaban: B
19.  TCP/IP (Singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar kounikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam internet. Protocol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protocol ini berupa kumpulan protocol (Protocol Suite). Protocol ini juga merupakan protocol yang paling banyak digunakan saat ini, karena dapat mengakses internet dengan baik.
Jawaban: C
20.  Dalam perintah ipconfig akan muncul berbagai informasi yang ditampilkan, diantaranya Ethernet adaptor loopback:
Connection-specific DNS Suffix:
Description........... : Microsoft Loopback Adapter
Physical Address. : 02-00-4C-4F-4F-50
DHCP Enabled.... : No
IP Address........... : 192.168.0.1
Subnet Mask........ : 255.255.255.0
Default Gateway. : 192.168.0.7
Jawaban: D
21.  Ping (Singkatan dari Packet Internet Groper) adalah sebuah program utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP). Dengan menggunakan utilitas ini, dapat diuji apakan sebuah komputer terhubung dengan komputer lainnya.
Jawaban: A
22.  Kartu jaringan (Inggris: netwotk interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer.
Kinerja sebuah LAN card akan lebih baik apabila diinstall drivernya.
Jawaban: B
23.  Pada IP Address dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas A dengan range dari 0-127, kelas B dengan range 128-191, dan kelas C dengan range dari 192-255 dengan ketentuan IP adalah 256 dan dipakai satu untuk IP Network dan satu IP Broadcast. Jadi, semuanya ada 254 IP. Apabila ada IP 212.140.133.181, menunjukkan bahwa IP tersebut kelas C.
Jawaban: E
24.  Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32- bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan internet. Untuk identifikasi LAN card baik, maka bisa dilakukan dengan mengetes sambungan ke LAN card itu sendiri dengan cara perintah PING ke alamat LAN itu sendiri.
Apabila langkah tersebut gagal, maka kemungkinan LAN card yang kita pakai rusak.
Jawaban: A
25.  TCP memiliki karakteristik sebagai berikut:
·         Berorientasi sambungan (Connection-oriented.
·         Full-duplex: untuk setiap host TCP, koneksi yang terjadi antara dua host terdiri atas dua buah jalur,yaitu jalur keluar dan jalur masuk.
·         Dapat diandalkan (reliable): data yang dikirimkan ke sebuah koneksi TCP akan diurutkan dengan sebuah nomor urut paket dan akan mengharapkan paket positive acknowledament dari penerima
·         Byte stream: TCP melihat data yang dikirimkan dan diterima melalui dua jalur masuk dan jalur keluar TCP sebagai sebuah byte stream yang berdekatan (kontigu).
·         Memiliki layanan flow control: untuk mencegah data yang terlalu banyak dikirimkan pada satu waktu, yang akhirnya membuat “macet” jaringan Internetwork IP
·         Melakukan segmentasi terhadap data yang datang dari lapisan aplikasi (dalam DARPAReference Model)
·         Mengirimkan paket secara “one-to-one”: hal ini karena memang TCP harus membuat sebuah sirkuit logis antara dua buah protocol lapisan aplikasi agar saling dapat berkomunikasi.
TCP umumnya digunakan ketika protocol lapisan aplikasi membutuhkan layanan transfer data yang bersifat andal, yang layanan tersebut tidak dimiliki oleh protocol lapisan aplikasi tersebut. Contoh dari protocol yang menggunakan TCP adalah HTTP dan FTP.
Jawaban: C
26.  Netmeeting adalah salah satu aplikasi yang disertakan semenjak sistem operasi windows 98. sehingga Netmeeting sudah ada semenjak tahun 1998. Aplikasi Netmeeting ini dipersiapkan untuk keperluan rapat yang penggunaannya tidak dalam satu lokasi yang sama. Netmeeting adalah jenis aplikasi yang menggunakan/berbasis VOIP (Voice Over Internet Protocol).dengan NetMeeting kita juga dapat melakukan sharing program, chatting, seperti yahoo messenger dan yang paling utama dapat berkominikasi seperti telepon yang dilengkapi dengan fasilitas gambar.
Jawaban: E
27.  Request time out adalah tanda atau pesan yang menunjukkan dimana paket yang kita kirim ke komputer tujuan tidak direspon alias time out atau paket yang dikirim tidak mencapai tujuan dalam waktu tertentu (TTL: Time to life)
Jawaban: C
28.  WLAN adalah suatu jaringan area local nirkabel yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Salah satu syarat untuk koneksi WLAN harus ada dua sisi, yaitu AP (Access Point) dan WS (Work Station).
Jawaban: C
29.  Dalam konfigurasi IP untuk menyambungkan dua access point adalah dengan IP Address yang networknya sama antara AP A dan AP B.
Jawaban: D
30.  SSID (Service Set Identifier) merupakan identifikasi atau nama untuk jaringan wireless. Setiap peralatan Wi-Fi harus menggunakan SSID (Service Set Identifier) tertentu. Peralatan Wi-Fi dianggap satu jaringan jika menggunakan SSID (Service Set Identifier) yang sama. Agar dapat berkomunikasi, setiap peralatan wireless haruslah menggunakan SSID (Service Set Identifier) bersifat casesensitive, penulisan huruf besar dan huruf kecil akan sangat berpengaruh.
Jawaban: D
31.  Pada umumnya hotspot menggunakan standarisasi WLAN IEEE 802.11b atau IEEE 802.11g.
Teknologi WLAN ini mampu memberikan kecepatan akses yang tinggi hingga 11 Mbps (IEEE 802.11b) dan 54 Mbps (IEEE 802.11g) dalam jarak hingga 100 meter.
Jawaban: C
32.  Wireless atau dalam bahasa Indonesia disebut nirkabel adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untukbertukan data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu, (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gekombang radio, (seperti Bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu. IrDa merupkan jaringan tanpa kabel, tetapi bukan wireless karena IrDa menggunakan sinar infra red  jadi bukan termasuk wireless.
Jawaban: B
33.  Salah satu contoh pada setting DHCP.conf pada Linux  sbb berikut.
Subnet 192.168.4.0 netmask 255.255.255.0;
Range 192.168.4.4 192.168.4.50;
Option domain-name-servers “Jakarta.com:’
Option routers 192.168.4.1;
Option broadcast-address 192.168.4.1;
Jawaban B
34.  Nslookup adalah salah satu utilitas/program yang berguna untuk mendiagnosis konfigurasi DNS.
Jawaban : E
35.  Port ini biasanya digunakan untuk web server. Jadi, ketika user mengetikkan alamat IP atau hostname di web browser akan melihat IP tersebut pada port 80.
Jawaban: A
36.  Format account email atau alamat email di tells dengan nama pengguna dan nama domain email yang digunakan. Contoh: a@yahoo.com
Jawaban: C
37.  pada sistem jaringan yang menggunakan router, baik menggunakan Linux, mikrotik, dan lain-lain, proxy server disimpan pada router tersebut. Susunan instalasi untuk jaringan yang koneksi internet adalah ISP->Modem->router->LAN.
Jawaban: B
38.  Pada antivirus biasnya aktif did lam memori, dan sifat ini biasa disebut stay in memory.
Jawaban E
39.  Dalam antivirus khususnya dalam Norton, apabila virus yang discan tidak dapat dihapus maka Norton akan secara otomatis mengarantina virus tersebut dalam jangka waktu tertentu.
Jawaban: D
40.  setiap antivirus mempunyai masa aktif untuk mengatasi virus dengan jangka waktu tertentu, sedangkan virus berkembang setiap saat. Untuk mengatasi hal tersebut antivirus mempunyai layanan untuk update atau mengenali virus baru dengan update melalui internet. Fasilitas tersebut adalah layanan life update.

Jawaban B

Pengunjung

Popular Post

Powered by Blogger.

Fanspage Kami

- Copyright © TKJ SMK Sunan Drajat -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -