- Back to Home »
- Pembahasan SOAL TKJ »
- CONTOH Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) Prodi TKJ Full doc
Thursday, December 19, 2013
Buat yang lagi pada kebingungan membuat Laporan Magang, Gak usah bingung om!!
Saya bisa bantu anda. Langsung Aja lihat di bawah ini, (^_^) Check it doooot :
LAPORAN
PRAKERIN
(PRAKTEK KERJA INDUSTRI)
Disusun Oleh:
NARUTO UZUMAKI
NIS : XXX/XXX.XX
SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN
YAYASAN PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT
BANJARWATI PACIRAN LAMONGAN
2013
____________________________________________________________________
HALAMAN PERSETUJUAN
LAPORAN
PRAKERIN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
disusun oleh:
NARUTO UZUMAKI
NIS : XXX/XXX.XX
Banjarwati, 17 Februari 2013-01-12
telah disetujui dan diterima baik oleh:
Pembimbing,
AH. TAUFIQ AHMADI, SE., S.KOM
Mengetahui:
Ketua Program Studi Keahlian
Teknik Komputer dan Jaringan
AH. TAUFIQ AHMADI, SE., S.KOM
_________________________________________________________________________________
HALAMAN PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKERIN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Disusun Oleh:
NARUTO UZUMAKI
NIS : XXX/XXX.XX
Telah dipresentasikan dan dipertahankan di depan Penguji
Pada tanggal .....................................
Penguji
AH. TAUFIQ AHMADI, SE., S.KOM
Mengesahkan :
Kepala Sekolah
Drs. SARGONO, SE., S.Pd
_________________________________________________________________________________
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang serta rasa
syukur ke hadirat ilahi Rabbi yang mana atas Segala nikmat, taufiq serta
hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan penyusunan Laporan ini.Shalawat dan salam semoga tetap terhaturkan kepada nabi besar Muhammad SAW, nabi akhir zaman yang telah membimbing umat manusia kepada jalan yang diridlai Allah SWT.
Dengan terselesainya penyusunan laporan prakerin penyusunan menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada yang saya hormati:
1. Bapak Drs. Sargono, SE., S.Pd, selaku kepala SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN beserta stafnya yang telah memimpin lembaga dengan baik;Semoga amal para beliau selalu diterima oleh Allah sebagai amal yang baik. Amiin ya robbal alamin. Selanjutnya penyusun menyadari Laporan ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu munculnya saran dan kritik konstruktif dari pembaca yang budiman sangat diharapkan. Akhirnya besar harapan penyusun semoga Laporan dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca semua umumnya.
2. Bapak Ah. Taufiq Ahmadi, SE., S.KOM, selaku pembimbing, yang telah banyak memberikan tenaga, pikiran dan waktunya dalam rangka penyelesaian laporan ini;
3. Bapak Su’udi selaku Pimpinan HIMMAH KOMP, yang telah memberikan kesempatan kepada penyusun untuk melakukan praktik di tempat bapak;
4. Kedua orang tua yang selalu berdo’a semoga anaknya dapat meraih cita-citanya;
5. Semua orang pihak yang tentu tidak dapat disebutkan namanya satu persatu yang telah memberikan dukungan dan dorongan semangat.
Penyusun.
_________________________________________________________________________________
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
...................................................................................
iHALAMAN PERSETUJUAN......................................................................ii
HALAMAN PENGESAHAN. .................................................................... iii
KATA PENGANTAR ..................................................................................iv
DAFTAR ISI ...............................................................................................vi
DAFTAR GAMBAR ...................................................................................x
DAFTAR LAINNYA...................................................................................viii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang PRAKERIN 1BAB II TINJAUAN UMUM
B. Ruang Lingkup Prakerin..............................................................2
C. Tujuan dan Manfaat Prakerin.......................................................3
D. Sistematika Penulisan Laporan 3
A. Gambaran umum Perusahaan / Industri / Instansi 6BAB III URAIAN KEGIATAN
B. Struktur Organisasi dan Job Diskripsi 8
C. Sejarah Perusahaan / Industri.......................................................8
D. Sistem yang sedang berjalan.........................................................9
A. Tabel Kegiatan Pelaksanaan Prakerin 10BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
B. Uraian Kegiatan Prakerin 19
A. Permasalahan & Pembahasan Masalah.........................................29BAB V PENUTUP
B. Pemecahan Masalah......................................................................34
A. Kesimpulan...................................................................................36DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………………….39
B. Saran………………………………………………………………………………………..37
LAMPIRAN ……………………………………………………………………………………………………21
SURAT KETETRANGAN PRAKERIN (dengan KOP Surat, Tanda Tangan dan Stempel Asli dari Perusahaan/Industri)……………………………………...23
BIODATA SISWA PRAKERIN…………………………………………...24
FOTO KEGIATAN…………………………………………………...…….25
SUMBER DOKUMEN……………………………………………………..26
__________________________________________________________________________________
DAFTAR GAMBAR
Gambar 2.1 banner HIMMAH KOMP terlihat dari depan..................................................6
Gambar 2.2 struktur organisasi HIMMAH KOMP.............................................................8
Gambar 3.1 Personal Computer............................................................................................20
Gambar 3.2 Laptop...............................................................................................................21
Gambar 3.3 Proses Mendiagnosa Permasalahan pada Printer..............................................22
Gambar 3.4 Troubleshooting Printer.....................................................................................23
Gambar 3.5 Sistem Operasi...................................................................................................23
Gambar 3.6 software installer...............................................................................................24
Gambar 3.7 harddisk yang terkena bad sector......................................................................26
Gambar 3.8 contoh game “angry bird” untuk windows.......................................................27
Gambar 3.9 contoh cover installer sebuah game..................................................................27
Gambar 3.10 contoh antivirus yang dikenal handal.............................................................28
Gambar 4.1 Modul RAM.....................................................................................................29
Gambar 4.2 Proccesor..........................................................................................................30
Gambar 4.3 harddisk............................................................................................................30
Gambar 4.4 Keyboard Laptop..............................................................................................31
Gambar 4.5 (Liquid Crystal Display) Laptop......................................................................31
Gambar 4.6 Motherboard.....................................................................................................32
Gambar 4.7 Sistem operasi Windows..................................................................................32
Gambar 4.8 Printer...............................................................................................................33
Gambar 4.9 Aksesoris laptop & PC.....................................................................................33
___________________________________________________________________________
DAFTAR LAINNYA
a. Laporan Penggunaan Keuangan Peserta Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)”
Bulan = Januari 2013
No. | Tanggal | Uraian Pemasukan/Pengeluaran | Masuk | Keluar |
1 | 31/12/2013 | Bekal awal | Rp 300.000 | |
2 | 05/01/2013 | pulang & pembekalan | Rp 20.000 | |
3 | 06/01/2013 | makan malam di pondok | Rp 3.000 | |
4 | 07/01/2013 | tertinggal + makan siang | Rp 10.500 | |
5 | 08/01/2013 | sarapan, buku, pen, dan makan sore | Rp 14.000 | |
6 | 09/01/2013 | makan 2X | Rp 7.000 | |
7 | 10/01/2013 | makan 2X | Rp 6.500 | |
8 | 11/01/2013 | makan 3X | Rp 13.000 | |
9 | 12/01/2013 | sarapan (3 orang) + makan sore | Rp 16.000 | |
10 | 13/01/2013 | makan 2X (1 gratis) | Rp 3.000 | |
11 | 14/01/2013 | buka puasa | Rp 5.000 | |
12 | 15/01/2013 | makan 2X | Rp 7.000 | |
13 | 16/01/2013 | makan 2X + Sahur | Rp 7.500 | |
14 | 17/01/2013 | buka puasa | Rp 5.000 | |
15 | 18/01/2013 | dikirim + sarapan, pen, bensin dll | Rp 250.000 | Rp 77.000 |
16 | 19/01/2013 | makan 2X | Rp 5.500 | |
17 | 20/01/2013 | makan 2X | Rp 8.500 | |
18 | 21/01/2013 | makan 2X + camilan | Rp 10.000 | |
19 | 22/01/2013 | bayar KOST + makan 2X | Rp 157.500 | |
20 | 23/01/2013 | makan 2X | Rp 6.500 | |
21 | 24/01/2013 | makan siang | Rp 2.500 | |
22 | 25/01/2013 | makan 2X | Rp 5.000 | |
23 | 26/01/2013 | makan 2X | Rp 5.000 | |
24 | 27/01/2013 | bensin 2 liter | Rp 10.000 | |
25 | 28/01/2013 | makan sore | Rp 4.000 | |
26 | 29/01/2013 | makan 2X +Camilan | Rp 9.000 | |
27 | 30/01/2013 | dikirim + Makan 2X dan Bensin 1 liter | Rp 100.000 | Rp 12.500 |
28 | 31/01/2013 | makan 2X+ camilan | Rp 9.500 | |
Jumlah | Rp 650.000 | Rp 440.000 |
No. | Tanggal | Uraian Pemasukan/Pengeluaran | Masuk | Keluar |
1 | 01/02/2013 | makan 2X +bensin | Rp 15.000 | |
2 | 02/02/2013 | makan 2X | Rp 8.000 | |
3 | 03/02/2013 | makan 2X + camilan | Rp 10.000 | |
4 | 04/02/2013 | makan 2X | Rp 7.000 | |
5 | 05/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
6 | 06/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
7 | 07/02/2013 | bensin 2 liter + sarapan | Rp 13.500 | |
8 | 08/02/2013 | lain-lain | Rp 5.000 | |
9 | 09/02/2013 | hilang | Rp 20.000 | |
10 | 10/02/2013 | berobat + pulsa | Rp 36.000 | |
11 | 11/02/2013 | dikirim + bensin, makan 2X dll | Rp 100.000 | Rp 20.000 |
12 | 12/02/2013 | makan 3X | Rp 10.000 | |
13 | 13/02/2013 | makan 2X + pulsa | Rp 10.000 | |
14 | 14/02/2013 | makan 2X (1 gratis) | Rp 3.000 | |
15 | 15/02/2013 | makan 2X | Rp 7.000 | |
16 | 16/02/2013 | makan 2X (1 gratis) | Rp 3.500 | |
17 | 17/02/2013 | makan 2X + bensin | Rp 12.000 | |
18 | 18/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
19 | 19/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
20 | 20/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
21 | 21/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
22 | 22/02/2013 | sarapan + bensin 2 liter | Rp 15.000 | |
23 | 23/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
24 | 24/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
25 | 25/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
26 | 26/02/2013 | dikirim + sarapan | Rp 300.000 | Rp 5.000 |
27 | 27/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
28 | 28/02/2013 | sarapan | Rp 5.000 | |
29 | 01/03/2013 | bayar kost + makan 2X | Rp 157.000 | |
Jumlah | Rp 400.000 | Rp 412.000 |
Nama Siswa : NARUTO UZUMAKI
Guru pembimbing : TAUFIQ AHMADI, SE., S.Kom
No. | Tanggal bimbingan | Materi bimbingan |
1 | ||
2 | ||
3 | ||
4 | ||
5 |
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang PRAKERIN
setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja, karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak Dunia Usaha/Industri, oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai suatu pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapakan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja dengan baik.
Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan Lapangan kerja (Industri/Perusahaan atau Instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertanggung jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan siswa.
B. Ruang Lingkup PRAKERIN
Pelaksanaan Pendidikan dengan kegiatan Prakerin sebagai wujud kebijaksanaan dari “Link dan Match” dalam prosesnya dilaksanakan dalam dua tempat yaitu di sekolah dan dunia usaha atau industri. Upaya ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu tamatan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam mencapai tujuan relevansi pendidikan dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja.
Prakerin adalah suatu model penyelenggara yang memadukan secara utuh dan terirtegrasi kegiatan belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan proses penguasaan keahlian kejuruan melalui bekerja langsung di lapangan kerja. Harapan utama dari program tersebut adalah agar siswa memiliki etos kerja yang tinggi meliputi kemampuan kerja, motivasi kerja, inisiatif, kreatifitas, hasil pekerjaan yang berkualitas, disiplkin mutu, dan kerajinan bekerja.
Kementrian Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggraraan Pendidikan System Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam undang-undang nomor 2 tahun 1989 tentang system Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah Kejuruan dan Kemendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan
C. TUJUAN DAN MANFAAT PRAKERIN
Penyelenggaraan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk:
1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2. Memperkokoh keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara sekolah dengan dunia kerja.
3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas professional.
4. Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman sebagai proses pendidikan.
D. SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN
1. BAGIAN AWAL
· Halaman Sampul
· Halaman Judul (Sama dengan Halaman Sampul)
· Halaman Peersetujuan
· Halaman Pengesahan
· Kata Pengantar
· Daftar Isi
· Daftar Gambar
· Daftar Lainnya (Kalau Ada)
2. BAGIAN INTI
BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang PRAKERIN
Ruang Lingkup PRAKERIN
Tujuan dan Manfaat PRAKERIN
Sistematika Penulisan Laporan
BAB II TINJAUAN UMUM
Gambaran Umum Perusahaan/Industri
Struktur Organisasi dan Job Deskripsi
Sejarah Perusahaan/Industri
Sistem yang sedang Berjalan
BAB III URAIAN KEGIATAN
Tabel Kegiatan Pelaksanaan PRAKERIN
Uraian Kegiatan PRAKERIN
BAB IV PEMBAHASAN MASALAH
Permasalahan dan pembahasan masalah
Pemecahan Masalah
BAB V PENUTUP
Kesimpulan
Saran
3. BAGIAN AKHIR
· DAFTAR PUSTAKA
· LAMPIRAN
· Surat Keterangan PRAKERIN (dengan KOP Surat, Tanda Tangan dan Stempel Asli dari Perusahaan/Industri)
· Biodata Siswa PRAKERIN
· Foto Kegiatan
· Sumber Dokumen
BAB II
TINJAUAN UMUM
1. Gambaran Umum perusahaan/Industri
Gambar 2.1 banner HIMMAH KOMP terlihat dari depan
HIMMAH KOMP adalah perusahaan kecil-kecilan yang didirikan oleh Moh. Su’udi pad tahun 2006. Perusahaan ini bergerak di bidang service, penjualan, dan pembelian Komputer Rusak, maupun yang baru.
Perusahaan ini berlokasi di Depan Kantor POLSEK Kalitengah (Jl. Raya Mahkota Kalitengah). Pemilihan lokasi ini dilakukan berdasarkan pertimbangan kedekatan dengan Kantor-Kantor kerja seperti Kantor kecamatan, dan Kantor polisi, dll. Dimana sebagian besar menggunakan komputer atau alat kerja lainnya sebagai media kerja.
Perusahaan ini belum memiliki tempat yang cukup memadai. Luas tempat kerjanyapun hanya selebar 6x2 m yang telah disewa dari Ibu Sumiatun selama 6 tahun sebelumnya. Tapi hal ini tidak menyulutkan kepuasan dan ketertarikan pelanggan yang ingin berkunjung hingga kini.
2. Struktur Organisasi dan Job deskripsi
Mohammad Su’udi Direktur (Bagian pemasaran, Pengambilan Barang, dan Teknisi Utama) |
Nugroho Bagian Teknisi |
Karyawan (Peserta) |
Istri Direktur Bendahara |
3. Sejarah Perusahaan/Industri
HIMMAH KOMP berdiri sejak 2001, didirikan oleh Moh. Suudi. bermula dari ide kreatif sebagai wirausaha dari sang siswa SMK yang bernama Moh. Su’udi tersebut, beliau awalnya bingung setelah lulus SMK apa yang akan beliau dirikan atau yang akan beliau buat sebagai bidang usaha. Lalu beliau mendapat ide dari temannya yang bernama Azwar dan berencana membuat usaha servis komputer. Karena hanya keahlian tersebutlah yang hanya bisa diandalkan untuk menuju ke ranah bisnis, lalu beliau dan temannya mencari dan menyewa tempat di desa ndibe, Kalitengah. Pemilik tempat tersebut bernama ibu Sumiatun.Namun dulunya tidak bernama HIMMAH KOMP melainkan bernama EL-RAHMAH lalupada tahun 2004 dirubah namanya menjadi HIMMAH yang artinya membenarkan sesuatu yang awalnya tidak benar menjadi benar dan lebih baik. Lalu pada tengah tahu 2006, beliau (Moh. Su’udi) menemukan pasangan hidupnya dan menikah serta menutup usahanya untuk sementara waktu. Lalu beliau memulai usahanya lagi pada awal tahun 2009. Dan menyewa tempat itu lagi dan mencari rekan kerjanya lagi yang bernama Nugrohosbg pengganti dari Azwar yang 1 tahun lalu menyatakan berpisah. Hingga sekarang HIMMAH KOMP dan hingga kini, pelanggan dari penjuru kecamatan datang ke tempat ini.
4. Sistem yang sedang Berjalan
Adapun HIMMAH KOMP tidak bergerak dibidang Servis Komputer saja melainkan Servis Printer, menyediakan Aksesoris-aksesoris Notebook atau netbook, Serta Menjual dan Membeli Laptop Baru ataupun Laptop Bekas serta PC, Maintenance, dan Hardware.
BAB III
URAIAN KEGIATAN PRAKERIN
A. Tabel Kegiatan Pelaksanaan Prakerin
MINGGU KE: 1, BULAN: JANUARI | |||
TANGGAL | WAKTU | KEGIATAN | |
MULAI | SELESAI | ||
07 | 9.30 | 12.24 | · Pengenalan Sistem Pembelajaran Industri (HIMMAH KOMP) Pada Siswa. Materi: · Melihat Permasalahan pada PC · Melihat Permasalahan pada Printer |
08 | 7.08 | 16.05 | Materi: · Ghost windows 7 (Backup OS) · Resetting Printer |
09 | 7.12 | 15.47 | Materi: · Mengganti Cartridge · Mengatasi bunyi beep pada PC saat booting · Mengatasi beep pada Laptop/Notebook Praktek: · Mengatasi masalah restart sendiri pada PC (Mengganti Modul RAM) |
10 | 7.30 | 15.00 | Materi: · Mengganti VGA (Masalah dari layar bergaris ketika akan masuk OS) · Mengganti Cartridge · Sedikit memodif Printer |
MINGGU KE: 2, BULAN: JANUARI | |||
14 | 7.39 | 15.13 | Materi: · Mengganti Modul RAM (Masalah dari bunyi beep panjang pada saat POST) · ToubleShooting Permasalahan Printer · TroubleShooting Permasalahan pada PC · Maintenance pada Printer |
15 | 7.39 | 16.00 | Materi: · Repairing tuts Keyboard pada Laptop · Mengatasi Bunyi Beep pada PC (troubleshooting dari Mainboard, RAM) |
16 | 7.40 | 16.00 | Materi: · Ghost Windows 7 (Backup OS) · Troubleshooting Printer |
17 | 7.30 | 15.45 | Materi: · Troubleshooting LCD Laptop (Kerusakan pada Engsel) · TroubleShooting Pada Printer |
19 | 7.20 | 09.30 | · Merakit PC · Perawatan PC (pulang jam 09.30 : dikarenakan SAKIT) |
MINGGU KE: 3, BULAN: JANUARI | |||
20 | 7.15 | 16.00 | Materi: · Repairing + Troubleshooting printer Laser Jet · Perawatan Pada PC · Membongkar Pasang Printer Canon |
21 | 7.32 | 16.00 | Materi: · Ganti Cartridge Canon (Customer Calling) · Mengatasi Blink HP D2400 (masalah dari cartridge yang rusak) · Mengatasi PC yang cepat mati sendiri · Mengatasi PC yang sering tidak menyala |
22 | 7.24 | 15.46 | Materi: · Melakukan perawatan pada PC · Perakitan PC + Instalasi OS · TroubleShooting Printer Laser Jet serta mengatasi problem terebut (Samsung ML 2460) |
23 | 7.30 | 16.00 | Materi: · TroubleShooting pada Laptop · Ganti Layar LCD pada Laptop · Troubleshooting pad Printer |
24 | 7.30 | 16.00 | Materi: · Troubleshooting pada Printer EPSON T10 · Perawatan PC · Mengganti harddisk pada Laptop · Memperbaiki kerusakan dan mereset Printer Canon |
26 | IZIN | IZIN | (menjadi Panitia Olimpiade Matematika SMK Sunan Drajat ’13) |
MINGGU KE: 4, BULAN: JANUARI | |||
27 | IZIN | IZIN | (menjadi Panitia Olimpiade Matematika SMK Sunan Drajat ’13) |
28 | 7.30 | 16.00 | Materi: · Ganti modul memori RAM (Permasalahan dari OS yang sudah diinstall ulang lalu diinstall lagi) · Merakit PC. · Mengatasi PC yang tidak mau muncul di Monitor · Mengatasi OS yang lemot |
29 | 7.35 | 15.52 | Materi: · Memperbaiki Printer Canon · Mengatasi masalah PC yang tidak mau masuk Hiren · Instalasi windows (XP, 7 8) serta Backup OS · Instalasi Aplikasi |
30 | 7.40 | 16.30 | Materi : · Memperbaiki Hardisk dari Bad sector · Memperbaiki printerr yang tidak keluar tinta · Install software |
31 | 7.35 | 16.35 | Materi: · Mengatasi masalah hardisk yang tidak terdeteksi · Perawatan PC · Mengatasi masalah printer yang mengalami blink (berkedip) |
2 | 7.03 | 17.00 | · Memperbaiki harddisk · Mengolah partisi · Menyetting BIOS dengan benar · Iinstalasi Windows 8 + Software |
MINGGU KE: 1, BULAN: FEBRUARI | |||
3 | 9.45 | 16.30 | · Resetting Ink level pada printer Canon dan Epson · Memperbaiki Harddisk dari Bad Sector · Merawat komponen-komponen pada PC |
4 | 7.00 | 16.10 | · Troubleshooting dan Repairing printer · Resetting printer Epson (T20E, TX11, L100) · Install OS (Backup OS) · Install software |
5 | 7.35 | 16.00 | · Mengatasi permasalahan pada cartridge · Memperbaiki bad sector pad Harddisk |
6 | 7.30 | 16.00 | · Mengatasi permasalahan pada PC, LAPTOP · Memperbaiki OS yang error |
7 | 7.40 | 16.30 | · Install + Ghost 7 · Memperbaiki pesan error pada Printer |
9 | IZIN | IZIN | · Ket : “Sakit” |
MINGGU KE: 2, BULAN: FEBRUARI | |||
10 | IZIN | IZIN | · Ket : “Sakit” |
11 | 7.30 | 16.30 | · Memperbaiki Printer Canon · Mengatasi masalah pada Partisi · Instalasi OS · Memperbaiki Sound internal yang tidak keluar suara pada Laptop (keluar pada headset) |
12 | 7.30 | 12.30 | · Instalasi XP SP 2, SP 3 · Resetting Printer MP287 · Troubleshooting pada PC serta perawatannya |
13 | 7.30 | 12.30 | · Membongkar 20 Printer dan menjualnya (merosok) · Memperbaiki PC yang Hang |
14 | 12.30 | 16.30 | · Memperbaiki PC yang sering restart · Menghabisi Virus yang melekat pad hardisk · Bermain game bersama pembimbing |
16 | 7.30 | 16.00 | · Memperbaiki printer yang tidak bisa menyala · Mengatasi blink dan meresetnya · Troubleshooting pada VGA yang error (off board) detecting |
MINGGU KE: 3, BULAN: FEBRUARI | |||
17 | 7.30 | 17.30 | · Memperbaiki harddisk yang tidak terdeteksi. · Wireless yang tidak deteksi · Resetting printer Canon, Epson, HP · PC yang bunyi beep terus menerus ketika booting |
18 | 7.20 | 18.00 | · Merecovery semua data yang telah terformat · Memperbaiki Printer Epson yang tidak bisa menyala · Memperbaiki tuts keyboard yang error pada laptop · Menambah modul RAM |
19 | 7.20 | 17.00 | · Memperbaiki missing operating System · Memperbaiki keyboard yang sering error pada laptop · Memperbaiki komponen yang rusak pada hardisk PC |
20 | 11.30 | 17.00 | · Install XP3 & Ghost windows 7 32 bit · Mengatasi partisi yang salah · Konfigurasi pengaturan pada software |
21 | 11.30 | 17.00 | · Memperbaiki printer Canon MP580 · Instalasi software · Memperbaiki tuts keyboard yang error |
23 | 7.30 | 17.00 | · Memperbaiki harddisk dari bad sector · Mempartisi ulang dan mengubah sistem partisi pada harddisk yang terkena bad sector · Instalasi software · Head cleaning · Resetting Printer |
MINGGU KE: 4, BULAN: FEBRUARI | |||
24 | 7.30 | 16.30 | · Install Xp3 pada PC · Konfigurasi Software · Bermain game bersama pembimbing |
25 | 7.30 | 18.00 | · Printer canon ip700 yang tidak bisa di install drivernya · Blink-blink pada printer tersebut dan meresetnya · Install PC · Konfigurasi Sofware · Install windows 7 pada Laptop · Bermain bersama pembimbing |
26 | 7.30 | 17.00 | · Mereset Printer · Instalasi Driver Printer · Instalsi OS · Merakit PC |
27 | 11.00 | 17.00 | · Mengatasi Notebook yang lemot · Bongkar Laptop |
28 | 10.00 | 16.00 | · Mengatsi sistem Prtisi yang slah pada Penginstalan OS · Mengatasi masalah pada Modul RAM · Instalasi Driver VGA pada notebook |
2 | 7.30 | 18.30 | · Memeperbaiki printer Canon ip2770, Epson T10 dll. · Membobol dan mencerdiki BIOS yang terpassword · Instalasi Windows 8 · Mengatasi Notebook yang lemot |
MINGGU KE: 1, BULAN: MARET | |||
3 | 7.45 | 16.00 | · Merakit PC · Troubleshooting VGA pada Laptop · Instalasi Modul RAM & Install XP 2 pada PC tsb. |
4 | 7.45 | 18.00 | · Merakit PC · Install OS + Software · Cek Laptop · Install Net Framework + Software |
5 | 8.00 | 04.00 | · Cek Printer Canon · Cek Laptop (compact) yang kurang dari spesifikasi OS awal. · Reset Printer canon ip2700 |
6 | 8.21 | 5.00 | · Instalasi software · Menghapus Virus W32/small.i & malware lainnya · Instalasi windows 7 |
7 | 8.00 | 15.00 | · Instalasi windows 7 · Menghapus virus-virus yang menginfeksi data. · Instalasi windows 8. |
B. Uraian Kegiatan PRAKERIN
Awal pertama masuk kerja yaitu tanggal 7 Januari 2013 sampai dengan tanggal 10 Januari 2013 , kegiatan yang kami lakukan hanya sebatas pengenalan dan mengamati sistem yang berjalan di tempat DU/DI hal yang kami amati meliputi: mendiagnosa permasalahan pada Laptop, PC, bahkan Printer.dan masih ada banyak kegiatan lainnya, tapi pada kegiatan mendiagnosa permasalahan PC, kami sering menemui permasalahan berikut :
· PC serig merestart dengan sendirinya;
· PC cepat mati setelah 5 menit dinyalakan;
· Bunyi beep berkali-kali pada laptop saat melakukan POST;
· Printer yang tidak mau mencetak;
· dan masih banyak yang lainnya.
Kemudian di hari-hari berikutnya, penulis mendapat banyak materi dan praktek dari DU/DI yang telah di tulis pada Tabel Kegiatan Pelaksanaan PRAKERIN.
Dan setelah melakukan PRAKERIN penulis dihimbau untuk membuat LAPORAN atas pengamatan dan hal-hal yang mereka dapat dari PRAKERIN.
Berikut uraian-uraian penjelasan kegiatan yang telah penulis lakukan. Mungkin pembaca sedikit tidak mengerti detail dari kegiatan-kegiatan yang tercantum pada Tabel Kegiatan Pelaksanaan PRAKERIN di atas. Di subbab ini penulis akan memberi sedikit penjelasan pada Uraian Kegiatan PRAKERIN berikut:
Merakit PC: Melakukan perakitan komputer yaitu mengidentifikasikan spesifikasi komputer kemudian melakukan formating. Contoh:
· Prosesor DUAL CORE 3.8 Ghz
· Motherboard ASUS P5P-VM (Lengkap dengan FAN)
· RAM 2 GB
· Hard disk 160 GB
· DVD RW Samsung
· Keyboard + mouse PS/2
· Casing POWER UP
· Monitor LCD Sony
Gambar 3.1 Personal Computer
Mendiagnosa permasalahan pada PC: kegiatan ini sangatlah penting sebelum kita melakukan troubleshooting. Pada kegiatan ini harus dilakukan dengan teliti, kita harus jeli menilai dan mendiagnosa permasalahan yang sedang dialami tersebut. kesimpulan belum bisa diambil begitu saja, belum tentu permasalahan yang terjadi tesebut penyebabnya itu-itu saja.
Mendiagnosa permasalahan pada Laptop: kegiatan ini tidak lebih rumit ketimbang kegiatan yang di atas, kita juga lebih harus teliti juga. Karena banyak penyebab yang diakibatkan dari permasalahan-permasalahan. Contoh : speaker laptop tidak bisa mengeluarkan suara seperti: mp3, nada notifikasi atau suara yang lainnya. Tapi saat kita coba dengan headset. Suara bisa keluar dan dapat didengar melalui headset. Dari hasil diagnosa tersebut kita bisa tahu bahwa yang sedang mengalami kerusakan adalah speaker internal laptop tersebut.
Gambar 3.2 Laptop
Mendiagnosa permasalahan pada Printer dan peripheral lainnya: tidak jauh berbeda, kita bisa mendapatkan hasil diagnosa permasalahan hanya dari ketelitian, kejelian serta kesabaran. Tapi jika kita memang benar-benar sudah melakukan semua itu dan kita masih belum menemukan hasilnya, kita harus pelajari terlebih dahulu entah kita bisa mencarinya dari buku, dari teman dan bahkan dari internet. Dan setelah itulah kita mendapatkan pengalaman banyak dari permasalahan yang awalnya sulit tersebut. seperti contoh : printer tidak mau mencetak dan blink 16x saat beroperasi, lalu kita bingung apa sebenarnya masalah yang sedang terjadi. Padahal kita sudah teliti. Tapi kita tidak harus menyerah kita cari dan akhirnya ketemu. Ternyata permasalahan tersebut adalah dari cartridge printer yang mengalami masalah.
Gambar 3.3 Proses Mendiagnosa pemasalahan Printer
Troubleshooting Laptop: setelah kita mengenali tahap kegiatan diagnosa permasalahan tersebut. mestinya kita harus tahu selanjutnya apa yang harus kita lakukan untuk menyelesaikan masalah-masalah pada laptop tersebut yaitu mengatasinya dan memperbaikinya dengan langkah-langkah yang telah kita pelajari dan kita alami.
Troubleshooting PC: setelah diagnosa yang kita lakukan memang sudah pasti. Setelah itu kita langsung lakukan pengecekan pada sumber masalah tersebut dan mengatasi dan memperbaiki semua masalah tersebut.
Troubleshooting Printer & peripheral PC lainnya: setelah kita mengetahui permasalahan yang terjadi, kita harus segera bertindak sebelum kerusakan tersebut merembet ke komponen yang lainnya. Misalnya kerusakan terjadi pada cartridge printer yang tersumbat oleh tinta yang lembab. Jika kita tidak segera membersihkannya, maka hal ini bisa berakibat rusaknya cartridge secara keseluruhan.
Gambar 3.4 Troubleshooting Printer
Instalasi Sistem Operasi : kegiatan ini sedikit perlu ketelitian, karena kita harus jeli dan teliti mengatur partisi yang akan diinstall OS. Jika tidak kita akan salah menghapus dan memformat data yang terdapat pada harddisk.
Gambar 3.5 Sistem Operasi
Instalasi software : kegiatan ini tidaklah rumit, kita hanya perlu mengikuti perintah-perintah yang sudah ada saat anda menginstall software-software tersebut. Mungkin ada sedikit hal yang kita akan keluhkan setelah proses instalasi selesai dan software bisa digunakan sebagai mana mestinya. Tapi kadang kala ada sebagian software yang berbasis close source dan kita disuruh mengaktifkan software-software tersebut menjai full version.
Gambar 3.6 software installer
Instalasi driver PC dan peripheral PC: Driver termasuk hal yang paling dibutuhkan pada pengoperasian PC. Dikarenakan hardware tidak akan berjalan optimal dan seiring dengan OS yang kita gunakan. Driver bisa kita dapatkan pada CD bawaan pada peripheral maupun laptop tersebut. Jika kita memang tidak mendapatkan driver-driver tersebut, kita bisa mendownloadnya di website-website yeng menyediakan driver-driver tersebut.
Perawatan PC dan peripheral PC: kegiatan ini dilakukan karena diperlukannya perhatian pada perangkat yang kita gunakan, sama saja sia-sia jika kita mempunyai perangkat-perangkat tersebut dan tidak pernah kita rawat. Akhirnya perangkat kita tersebut malah rusak dan bahkan tidak bisa kita pakai lagi, karena kurangnya perawatan. Biasanya perangkat-perangkat tersebut harus diberi perawatan secara berkala entah 5 bulan sekali atau 6 bulan sekali. Hal yang harus kita lakukan janya membersihkan perangkat-perangkat tersebut dari debu dan korosi yang melekat. Karena hal sepele seperti ini dapat merusak perangkat-perangkat yang kita punyai.
Memperbaiki harddisk: kegiatan seperti ini harus dilakukan dengan cermat dan pintar mengatur. Dikarenakan jika tidak pintar mengatur serta cermat, kita bisa merusak system pada harddisk. Dan kita malah memperburuk keadaan. Hal yang biasa dilakukan untuk memperbaiki harddisk adalah dengan memformatnya dan mengatur sistem partisinya dengan benar. Jika kita salah menempatkan data atau OS pada parisi yang rusak, maka data atau OS tersebut diperkirakan akan rusak dan sia-sia.
Gambar 3.7 Harddisk yang terkena bad sector
Konfigurasi software: kadang software-software yang telah kita install banyak yang tidak sesuai, kurang optimal dan atau kurang nyaman digunakan. Maka dari itu kita perlu mengaturnya terlebih dahulu agar sesuai dengan keinginan pelanggan.
Bermain game: kadang kegiatan-kegiatan yang kita lakukan terasa bosan, entah karena terlalu lama menunggu proses menginstall, menunggu adanya customer, dan kadang pula kita sedang mengalami stress karena banyak permasalahan-permasalahan yang sulit terselesaikan dan tertuntaskan. Maka untuk mengatasi semua problema tersebut bermain game-lah yang menjadi solusi utama.
Gambar 3.8 contoh game “angry bird” untuk windows
Instalasi Game: tidaklah terlalu rumit untuk menginstall sebuah game, hanya menuruti perintah-perintah yang sudah ada pada installer tersebut. Setelah selesai kita akan bisa langsung memainkan game tersebut dan bisa menikmatinya sambil membuang rasa bosan dalam diri kita.
Gambar 3.9 contoh cover installer sebuah game
Scanning and deleting virus : virus adalah hal yang paling dikeluhkan para customer karena tingkahnya yang menjengkelkan yang mana menghapus data, menyembunyikan data, dan bahkan merusak data yang mereka punyai. kegiatan ini kadang sedikit terasa menjengkelkan, dikarenakan banyaknya virus yang sulit dibasmi dan dihapus serta membutuhkan banyak waktu untuk menunggu proses scanning selesai. Tapi kita jangan menyerah. Dengan menggunakan antivirus-antivirus yang dikenal handal, dijamin setelah proses scanning selesai. Kita tidak akan merasakan kehadiran virus-vierus tersebut.
Gambar 3.10 contoh antivirus yang dikenal handal
BAB IV
PEMBAHASAN MASALAH
A. PERMASALAHAN & PEMBAHASAN MASALAH
Mungkin kebanyakan orang selalu bingung akan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada peangkat-perangkatyangmereka alami, mereka kebanyakan menyerah atau bahkan tidak mengetahuinya karena masalah-masalah yang sedang terjadi pada perangkat-perangkat mereka.
· Kebanyakan kerusakan terjadi pada Modul RAM (Random Acses Memory). Yang disebabkan oleh tidak stabilnya listrik lalu mengakibatkan sering merestartnya komputer secara manual. Hal tersebut yang mengakibatkan kerusakan pada Modul RAM.
Gambar 4.1 Modul RAM
· Processor : banyak factor yang mempengaruhi kerusakan pada processor seperti tidak maksimalnya kinerja kipas pendingin (Fan) akibatnya panas pada proessor akan naik dan dapat membuat processor rusak. Bukan cuma itu kerusakan pada salah satu bagian pada CPU akan mengangu secara tidak langsung pada kinerja processor, bahkan mengakibatkan processor rusak.
Gambar 4.2 Proccesor
· Hardisk : dari beberapa kerusakan yang terjadi, hardisk rusak dikarenakan rusaknya sistem partisi yang kurang benar, karena perangkat lain yang berimbas kepada kinerja hardisk tersebut, atau mungkin karena hardisk itu sendiri yang sudah rusak perangkat didalamnya.
Gambar 4.3 Harddisk
· Keyboard laptop/netbook: banyak faktor kerusakan yang biasa terjadi pada keyboard laptop seperti muncul huruf double jika sedang dipakai mengetik, atau tidak berfungsinya salah satu tuts yang terdapat di keyboard. Hal ini disebabkan karena terdapat debu yang menempel pada keboard, karena konektor keyboard yang sedang error, atau mungkin terkena cairan yang membuat konektor keyboard satu dengan yang lainnya terhambat.
Gambar 4.4 Keyboard Laptop
· LCD (Liquid Crystal Display) & LED (Light Emitting Diode) Laptop : faktor yang menyebabkan kerusakan ini ialah pecahnya cairan yang terdapat pada LCD pecah dan terpencar sehingga tidak bisa menyatu lagi dan menampilkan tampilan sebagaimana mestinya, sedangkan penyebab kerusakan LED ialah kabel konektor LCD & LED terputus.
Gambar 4.5 LCD (Liquid Crystal Display) Laptop
· Motherboard: Motherboardrusak dikarenakan rusak dari komponen motherboard itu sendiri, terjadi karena salah pemasangan salah satu komponen yang mengakibatkan rusaknya motherboard yang disebabkan karena terkena korosi atau debu.
Gambar 4.6 Motherboard
· Operation System : banyak sebab yang mengakibatkan OS rusak antara lain terlalu banyaknya virus, malware ataupun spyware yang ada pada komputer mengakibatkan kurang maksimalnya kinerja OS tersebut, banyak program yang tidak berguna dan merugikan. Ada pula dikarenakan hilangnya salah satu file OS tersebut. atau dikarenakan oleh hardisk yang sudah tidak mampu menyimpan dengan sempurna OS tersebut.
Gambar 4.7 Sistem Operasi Windows
· Printer : banyak kerusakan yang sering terjadi pada printer seperti tidak mau mencetak, blink (berkedip) ketika dinyalakan lalu tidak mau mencetak, menampilkan pesan-pesan error, tinta yang tidak terdeteksi atau yang lainnya. Faktor-faktor berikut disebabkan oleh sering tidak digunakannya printer-printer tersebut atau mungkin salah penggunaannya. Sehingga komponen-komponen yang di dalamnya dalam kondisi lembab.
Gambar 4.8 Printer
· VGA : kerusakan pada VGA dikarenakan terjadinya korosi pada VGA onboard ataupun Offboard. Karena ada komponen-komponen yeng sudah rusak dengan sendirinya karena jarang dipakai.
· Accesories laptop & PC: sering terjadi pada slot-slot USB yang tidak terdeteksi atau rusak disebabkan banyak debu yang menghambat kinerja slot-slot tersebut.
Gambar 4.9 Aksesoris laptop & PC
B. PEMECAHAN MASALAH
Dari sekian banyak permasalahan diatas perlu adanya penyelesaian masalah-masalah tersebut :
· Perlu adanya perawatan secara teratur dan berkala paling tidak 6 bualn sekali pada PC maupun Laptop.
· Penambahan hardware untuk menstabilkan listrik ketika listrik sedang bermasalah seperti UPS (Unit Power Supply)/stabilizer.
· Perlu ketelitian dan kejelian pada saat merakit PC.
· Berikan sirkulasi udara yang cukup untuk pembuangan panas secara teratur pada laptop maupun PC anda.
· Scan setiap sebulan sekali, kalau perlu tiap minggu scan PC atau Laptop untuk memastikan virus, malware, trojan, maupun spyware yang melekat pada PC atau Laptop.
· Scan setiap harinya regristry yang error, temporary files, dan buang file-file yang tidak berguna pada system windows anda hal ini dilakukan karena untuk membuang penggunaan memori berlebihan pada laptop untuk mempermudah gunakan “Ccleaner”.
· Lakukan penataan file selama 3 minggu sekali pada semua data-data anda dengan “disk defragmenter” yang ada di windows untuk memungkinkan dan membantu kinerja PC atau Laptop anda agar tetap optimal.
· Lakukan penggunaan teratur pada printer. Lakukan perawatan dengan “head cleaning” secara berkala. Paling tidak sebulan sekali.
· Berhati-hatilah dalam penggunaan Laptop anda dari benturan atau benda tajam lainnya. Untuk menghindari kerusakan fisik pada bagian luar atau dalam.
· Pada waktu pengecekan laptop baru sebaiknya dilakukan secara bertahap agar dapat hasil yang lebih baik.
1. Cek pada kardus sesuaikan Serial Number notebook dengan kardusnya.
2. Cek kelengkapan didalam kardus yang meliputi: baterai, charger, buku panduan, kartu garansi, dan notebook.
3. Cek LCD pastikan tidak ada dot/garisan-garisan.
4. Cek fisik notebook pastikan baik tidak ada goresan apapun. Sedangkan untuk pengecekan accessoris lainnya seperti biasa dengan mengecek masih berfungsi/terdeteksi atau tidak.
BAB V
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Setelah penulis menjalankan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di HIMMAH KOMP selama kurang lebih 2 bulan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa Praktek Kerja Industri itu sangatlah penting bagi pelajar Sekolah Menengah Kejuruan karena peserta dapat terjun langsung ke lapangan, sehingga peserta diklat dapat mengenal dan merasakan lebih jauh dan lebih dalam tentang dunia kerja, lain dari itu peserta dituntut untuk bertanggung jawab atas apa yang telah dilaksanakannya PRAKERIN tersebut.
Melalui PRAKERIN peserta diklat dapat menilai dan menghargai kemampuan diri sendiri. Penulis mencoba menarik kesimpulan bahwa ternyata pengalaman yang didapatkan di lapangan kerja, khususnya dari segi teknik pelaksanaannya lebih praktis jika dibandingkan pelajaran yang diterima di sekolah, hal ini disebabkan di lapangan dituntut untuk memanfaatkan waktu seefisien mungkin dengan kesalahan sekecil mungkin.
Sedangkan di sekolah pengalaman belajar ditunjukkan pada hal yang sebenarnya dari teori berdasarkan ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan dan dibuktikan secara ilmiah ini membuktikan pengalaman yang diperoleh penulis di lapangan setelah dibandingkan lebih teliti di sekolah, hanya saja waktu yang diperlukan sedikit lebih lama dibandingkan dengan lapangan kerja sesungguhnya. Walaupun sebenarnya teori yang dipergunakan di lapangan kerja pada dasarnya mempunyai teori yang sama dengan apa yang dipelajari di sekolah.
Setidaknya peran SMK sudah sedikit membantu untuk mempersiapkan tenaga kerja yang professional, dengan melalui Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) atau Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
B. SARAN
Agar lebih ditingkatkan lagi kualitas lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya SMK Sunan Drajat Lamongan. Agar mampu memenuhi semua persyaratan pada dunia kerja :
· Sebaiknya pelajaran teori serta praktek di sekolah disesuaikan dengan perkembangan dunia IT (khususnya teknik komputer jaringan) yang terbaru dan terupdate. Agar siswa-siswi tidak merasa tertinggal informasi dunia IT luar sekolah.
· Sebaiknya Hubungan kekeluargaan yang sudah teljalin baik antara pimpinan DU/DI dan karyawan supaya dipertahankan dan ditingkatkan lagi.
· Sebaiknya kegiatan PRAKERIN ini lebih diperhatikan lagi dalam arti pembimbing harus lebih sering datang memonitoring siswa-siswinya dengan sebenar-benarnya.
Akhir kata kami minta maaf atas segala kekurangan. Kritik dan saran sangat Kami berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan khususnya siswa-siswi smk sunan drajat lamongan.
DAFTAR PUSTAKA
Chandra, Aristo. 2008. 30 Menit Tuntas Merakit Komputer. Yogyakarta: bina jaya
SMK SDL. 2013. Jurnal Siswa Praktek Kerja Industri. Yayasan Pondok Pesantren Sunan Drajat. Lamongan
Google. 1998. Search engine, (Online), (http://www.google.co.id/ , diakses 09 april 2013)
Maesaroh, Mutia. 2012. Laporan Prakerin SMK Jurusan TKJ, (online), (muttm.blogspot.com/2012/03/laporan-prakerin-smk-jurusan-tkj-teknik.html/, diakses 09 april 2013).
___________________________________________________________________________________
LAMPIRAN
DAFTAR HADIR KEGIATAN PRAKERIN
Tanggal | Hari | Ket | Tanggal | Hari | Ket | Tanggal | Hari | Ket |
7 | senin | H | 28 | senin | H | 17 | ahad | H |
8 | selasa | H | 29 | selasa | H | 18 | senin | H |
9 | rabu | H | 30 | rabu | H | 19 | selasa | H |
10 | kamis | H | 31 | kamis | H | 20 | rabu | H |
12 | sabtu | L | FEBRUARI | 21 | kamis | H | ||
13 | ahad | L | 2 | sabtu | H | 23 | sabtu | H |
14 | senin | H | 3 | ahad | H | 24 | ahad | H |
15 | selasa | H | 4 | senin | H | 25 | senin | H |
16 | rabu | H | 5 | selasa | H | 26 | selasa | H |
17 | kamis | H | 6 | rabu | H | 27 | rabu | H |
19 | sabtu | H | 7 | kamis | H | 28 | kamis | H |
20 | ahad | H | 9 | sabtu | S | MARET | ||
21 | senin | H | 10 | ahad | S | 2 | sabtu | H |
22 | selasa | H | 11 | senin | H | 3 | sabtu | H |
23 | rabu | H | 12 | selasa | H | 4 | senin | H |
24 | kamis | H | 13 | rabu | H | 5 | selasa | H |
26 | sabtu | I | 14 | kamis | H | 6 | rabu | H |
27 | ahad | I | 16 | sabtu | H | 7 | kamis | H |
H | Hadir |
I | Izin |
L | Libur |
S | Sakit |
BIODATA SISWA PESERTA
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN
TAHUN 2012/2013
1. Nama Lengkap : Uzumaki Naruto
2. Nama Panggilan : NARUTO
3. Tempat, Tanggal Lahir : Lamongan, 27 November 1996
4. Jenis kelamin : Laki-Laki
5. No. Induk Siswa :xxxxxxx
6. Alamat siswa : Konoha
7. Agama : Islam
8. Alamat Sekolah : Komplek Pon.Pes. Sunan Drajat Bnjaranyar Desa
Banjarwati Kec. Paciran Kab. Lamongan Jawa
Timur 62264. Telp. 0322-665412/-665490
9. Catatan Kesehatan : Baik
10. Golongan Darah : -
11. Nama Ayah : Minato Namikaze
12. Nama Ibu : Kushina Uzumaki
13. Alamat Orang tua/Wali : konoha
14. Nama Pembimbing Sekolah : Taufiq Ahmadi, SE., S.Kom.
15. Nama Pembimbing DU/DI : Nugroho
SUMBER DOKUMEN
· www.canon.com.au
· zulfikecebong.blogspot.com
· www.els.co.id
· medan-cyber.blogspot.com
· terbaru9.blogspot.com
· www.creative-computers.com.au
· portal.paseban.com -
· sergiedanselby.blogspot.co
· blog.fastncheap.com
_____________________________________________
untuk yang gambar 2.1 atau yang lainnya…..itu diisi dengan gambar anda sendiri…..
huuuuu.....
Download nya gmn mba