Saturday, December 14, 2013


Autonomous system (AS) adalah Sebuah koleksi end-system routers yang di bawah kendali sebuah manajemen atau athority tunggal. Sistem ini biasanya memakai sebuah Interior Gateway Protocol (IGP).AS diperlukan bila suatu jaringan terhubung ke lebih dari satu AS yang memiliki kebijakan routing yang berbeda. Contoh yang paling sering dijumpai adalah: jaringan yang terhubung kepada dua upstream atau lebih ataupun eXchange Point, peering dengan jaringan lokal pada eXchange Point. sedangkan ASN menurut American Registri for Internet Number (ARIN) sebagai berikut
“Autonomous System Numbers (ASNs) are globally unique numbers that are used to identify autonomous systems (ASes) and which enable an AS to exchange exterior routing information between neighboring ASes. An AS is a connected group of IP networks that adhere to a single and clearly defined routing policy.“
Nah mungkin cukup susah mengartika kalo bahasa planet gini berikut penjelasan dalam bahasa Indonesianya.
Autonomous System Numbers (ASN) adalah nomor unik secara global yang digunakan untuk mengidentifikasi sistem otonom (ASes) dan yang memungkinkan sebuah AS untuk bertukar informasi routing eksterior antara ASes tetangga. ASN adalah grup terhubung jaringan IP yang mematuhi satu dan kebijakan routing yang didefinisikan dengan jelas.
Untuk mengidentifikasi setiap sistem otonom, sebuah ‘global unik’ jumlah diberikan kepada mereka dari otoritas terpusat (Arin), sehingga tidak ada duplikasi nomor. Global berarti persis yang unik. Dalam seluruh Internet di seluruh dunia, jumlah AS harus unik. Jumlah AS akan 1-64511, dan tidak terpakai jumlah tertinggi berikutnya adalah apa yang umumnya diberikan. Jumlah ini disebut sebagai ‘AS’ nomor. American Registry untuk Internet Numbers (ARIN) adalah badan yang bertanggung jawab untuk melacak dan menugaskan angka-angka ini serta mengelola alokasi alamat IP dan tugas.
ASN ini biasanya dipunyai oleh ISP atau mini ISP yang sudah mempunyai IP sendiri, atau bisa dibilang menyewa IP sendiri dan terdaftar di ARIN.


Pengunjung

Popular Post

Powered by Blogger.

Fanspage Kami

- Copyright © TKJ SMK Sunan Drajat -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -